Joan Mir Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP 2020

- Senin, 16 November 2020 | 07:34 WIB
Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, merayakan kemenangan setelah memenangkan kejuaraan dunia MotoGP setelah Grand Prix Valencia di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (15/11/2020). (LLUIS GENE / AFP)
Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, merayakan kemenangan setelah memenangkan kejuaraan dunia MotoGP setelah Grand Prix Valencia di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (15/11/2020). (LLUIS GENE / AFP)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Meski hanya finis di posisi ketujuh di MotoGP Valencia, Pebalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir, memastikan merebut gelar juara dunia MotoGP perdananya pasca gelaran MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020) malam WIB.

Sementaraa Franco Morbidelli dari Petronas Yamaha SRT meraih kemenangan ketiganya musim ini dengan menjuarai balapan penultima (seri kedua terakhir) MotoGP 2020.

Pebalap tim Pramac Racing, Jack Miller mengamankan poin untuk Ducati di klasemen konstruktor setelah finis runner-up, sedangkan Pol Espargaro kembali finis ketiga untuk kedua kalinya secara beruntun bagi tim KTM Factory Racing.

Setelah meraih kemenangan MotoGP pertamanya di MotoGP Eropa, Mir mengawali MotoGP Valencia, yang sama-sama digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, dengan keunggulan 37 poin atas Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan rekan setimnya di Suzuki, Alex Rins dalam klasemen rider MotoGP 2020.

Meski dibuat kecewa dengan hasil P12 di kualifikasi, Mir cukup menjaga ritmenya di balapan seri ke-13 MotoGP 2020 ini dan finis ketujuh di belakang dua pebalap KTM, Brad Binder dan Miguel Oliveira.

AYO BACA : Cal Crutchlow Test Rider Yamaha MotoGP 2021, Jorge Lorenzo Cabut

Sementara itu, Rins tak ingin ketinggalan dalam perebutan gelar dan tampil lebih agresif sejak start dari P14 dan mengakhiri balapan MotoGP Valencia 2020 di posisi keempat.

Dengan tambahan 25 poin, posisi Mir di puncak klasemen mustahil terkejar dengan satu seri tersisa musim ini di Portugal pekan depan, sehingga pebalap Spanyol itu mengulangi kejayaan Suzuki di premier class pada 2000 silam ketika pebalap Amerika, Kenny Robert Jr meraih gelar juara dunia bagi tim asal Hamamatsu, Jepang itu.

Mir, yang merupakan juara dunia Moto3 2017, meraih titel pertamanya di MotoGP di tahun keduanya ia turun di premier class.

Sementara itu, perburuan gelar bagi Quartararo berakhir dini ketika ia terjatuh di lap kesembilan balapan malam ini dan gagal finis.

Sebelum terjatuh, pebalap Prancis itu juga mengalami masalah dengan motor Yamahanya setelah melebar di Tikungan 1 di lap pembuka.

AYO BACA : Candi Prambanan Andalkan Tenaga Pembersih Antisipasi Abu Erupsi Merapi

Rekan satu tim Quartararo di Petronas Yamaha SRT, Morbidelli justru tampil dominan sejak start dari pole position dan mampu menahan gempuran Miller di lap terakhir, hingga finis 0,093 detik dari pebalap Australia itu.

Dengan hasil tersebut, Morbidelli menempatkan dirinya di peringkat kedua klasemen sementara pebalap MotoGP 2020 dengan koleksi 142 poin, terpaut 29 poin dari Mir.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Rekomendasi

Terkini

X