Yamaha Mio S

Walkot Semarang Dorong Generasi Milenial Berwirausaha

  Senin, 11 Februari 2019   Afri Rismoko
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mensosialisasikan izin usaha mikro melalui online dan Kredit Wibawa kepada pedagang, Senin (11/2/2019). (Afri Rismoko/ayosemarang.com)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mendorong generasi milenial di kotanya untuk berwirausaha dan tidak bergantung pada lowongan kerja. Terlebih, jumlah lowongan kerja tidak sebanding dengan jumlah para pencari kerja.

“Tolong disampaikan ke pemuda pelosok Kota Semarang kalau hari ini kita ngomong jumlah tenaga kerja, jumlahnya tidak sebanding dengan lowongan kerja. Contohnya penerimaan CPNS kemarin dibuka lowongan 300, yang daftar 6.000. Jadi kita ajarkan anak boleh sekolah tinggi tapi jangan didoktrin jadi pegawai,” jelas Hendi sapaan akrabnya, Senin (11/2/2019).

Hendi mengatakan, anak muda masa kini yang sering disebut generasi milenial, bisa menghasilkan rupiah yang tidak sedikit dengan bermodal ponsel pintar atau komputer. “Sekarang zamannya generasi milenial. Dari smartphone dan komputer bisa sugih atau kaya. Tentu ada caranya,” tutur politisi Partai PDI Perjuangan ini.

Ia menegaskan, Kota Semarang akan terus mendukung kegiatan wirausaha dengan menyediakan pelatihan gratis dan kemudahan mendapatkan modal usaha. Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang juga sudah memiliki fasilitas balai latihan kerja, pelatihan manajemen, dan keahlian.

“Untuk bantuan modal ada yang namanya kredit wibawa atau wirausaha bangkit juara. Bunganya hanya 3% per tahun. Besarnya Rp 5 juta tanpa agunan sampai dengan Rp 20 juta dengan agunan,” paparnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar