Yamaha Mio S

Pasar Banyumanik Segera Ditempati

  Jumat, 11 Januari 2019   Afri Rismoko
Pasar Banyumanik segera ditempati pedagang. (Afri Rismoko/Ayosemarang.com)

BANYUMANIK, AYOSEMARANG.COM--Pasar Banyumanik ditargetkan segera ditempati pada 14 Januari 2019. Pembangunan pasar tersebut mendapatkan bantuan dari Kementerian Perdagangan yang rampung akhir tahun 2018.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, terdapat 201 los, 48 kios, yang kini masih dalam proses pengundian. Usai undian, para pedagang bisa segera menempatinya.

“Pekan depan kami minta pedagang segera menempati setelah mendapat undian lokasi berdagang,” ujarnya, Jumat (11/1/2019).

Setelah para pedagang menempati Pasar Banyumanik yang baru, pasar yang lama akan dibongkar. Dengan begitu, tidak ada indikasi bahwa kios atau los Pasar Banyumanik yang baru dimanfaatkan untuk aset para pedagang.

“Diharapkan pembangunan Pasar Banyumanik dapat berfungsi maksimal yang tujuannya juga untuk kesejahteraan para pedagang,” imbuhnya.

AYO BACA : Warga Banyumanik Gelar Kirab Budaya

Fajar mengakui bahwa Pasar Banyumanik dulu terkenal sebagai Terminal Banyumanik karena masih banyak pedagang yang jualan tiket bus AKDP dan AKAP.

Menurut Fajar, penjual tiket bus juga diberi kesempatan untuk menempati kios Pasar Banyumanik, sebab di depan Pasar Banyumanik juga masih sering dimanfaatkan untuk transit bus AKDP dan AKAP.

“Bus AKAP dari Semarang jurusan Jakarta, sering mengambil penumpang di Banyumanik,” paparnya.

Dia menerangkan, citra Pasar Banyumanik sebagai terminal akan diubah menjadi pasar. Dengan begitu, diharapkan fungsi pasar tradisional yang telah berubah semimodern menjadi lebih maksimal.

Ketua Persatuan Pedagang dan Jasa Pasar (PPJP) sub Pasar Banyumanik Arif Jatmiko berharap, pembagian los dan kios dapat memenuhi kebutuhan asas keadilan. Arif yang berjualan tiket bus mengakui ada sembilan kios untuk jasa penjualan tiket bus.

“Sebab sejak dulu Pasar Banyumanik justru terkenal sebagai terminal, sehingga banyak kios yang dimanfaatkan untuk penjualan tiket bus AKDP dan AKAP. Di sini, bus seperti jurusan ke Jakarta mengambil penumpang di Pasar Banyumanik sebab untuk transit,” tandasnya.

AYO BACA : CARfix Buka Cabang di Banyumanik

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar