Yamaha Mio S

Unika Gelar Sosialisasi Pencegahan TBC dan HIV/AIDS

  Selasa, 11 Desember 2018   Arie Widiarto
Pembicara dari Unika menyampaikan ceramah kesehatan bagi warga Kelurahan Karangrejo di Poliklinik Ibu Teresa Unika Soegijapranata, Selasa (11/12/2018). (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)

GAJAHMUNGKURAYOSEMARANG.COM--Menyambut perayaan Natal 2018 dan Tahun baru 2019, Unika Soegijapranata menggelar acara bakti sosial kepada masyarakat sekitar, salah satunya dengan mengisi ceramah kesehatan mengenai penyakit TBC dan pencegahan HIV/AIDS di Kantor Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Gajah Mungkur, Semarang, Selasa (11/12/2018). 

Ceramah kesehatan ini dilaksanakan di Poliklinik Ibu Teresa Unika Soegijapranata dengan menghadirkan dua dokter sebagai pembicara, yaitu dr. ST Catur Pambudi dan dr. R B Bambang Witjahjo, MKes. 

Dalam acara ini, Dr Bambang mengupas tentang HIV/AIDS dan pencegahannya serta bagaimana menyikapinya terhadap para penderita.

“Perlu kita ketahui bahwa HIV/AIDS menular melalui tiga cara yaitu darah, perinatal, dan seksual, oleh karena itu kita jangan salah dalam menyikapi atau bersosialisasi dengan para penderita HIV/AIDS. Meskipun kita satu rumah, berjabat tangan atau pergi bareng dengan kita itu ternyata tidak apa-apa. Kita jangan menjauhi mereka,” jelas dr. Bambang.

Acara ceramah kesehatan ini dihadiri oleh ibu-ibu yang bertempat tinggal di Kelurahan Karangrejo. Bambang Setyawan selaku koordinator seksi baksos menyampaikan alasan Kelurahan Karangrejo dipilih sebagai tempat lokasi ceramah kesehatan arena Karangrejo dekat dengan kampus Unika.

“Alasannya karena Karangrejo itu dekat. Tidak hanya dekat dalam hal lokasi, tetapi juga dekat seperti layaknya keluarga. Banyak warga Karangrejo yang bekerja di Unika, dan di Unika sendiri banyak mahasiswa yang tinggal sementara atau kost di Karangrejo. Jadi kita mengambil tempat yang istilahnya sudah dekat dengan kita,” Kata Bambang. 

Sementara dr. Catur yang juga menjadi narasumber menyampaikan materi tentang penyakit TBC, akibat sosial yang ditimbulkan, dan pencegahannya.

Acara bakti sosial di Kelurahan Karangrejo ini tidak hanya ceramah kesehatan saja, melainkan diadakan pula pemeriksaan laboratorium gratis kepada para masyarakat yang mengikuti acara ini. Pemeriksaan laboratorium gratis ini meliputi pemeriksaan gula, kolestrol, dan asam urat yang dilaksanakan setelah acara ceramah kesehatan selesai.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar