Yamaha Lexi

KPU Cek Lapangan Untuk Verifikasi Pemilih Ganda

  Kamis, 06 Desember 2018   Afri Rismoko
Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom. (Afri Rismoko/Ayosemarang.com)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang akan menindaklanjuti temuan 2.278 data pemilih ganda oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang. Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom di Hotel Dafam, Kamis (6/12/2018).

“Kami sudah memerintahkan jajaran di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan untuk melakukan verifikasi lapangan pemilih yang terindikasi ganda,” ujarnya.

AYO BACA : Ketua DPRD Minta Komisioner KPU Baru Cepat Beradaptasi

Gultom menerangkan, dari rekomendasi Bawaslu itu pihaknya langsung memerintahkan PPK kemudian ke PPS melakukan kroscek langsung ke rumah pemilih.

Dia merinci, DPT hasil perbaikan tahap 2 (DPTHP2) Kota Semarang untuk Pemilu 2019 mendatang ditetapkan 1.179.887 pemilih. Namun, jumlah tersebut masih memungkinkan adanya perbaikan lagi.

AYO BACA : Anak SD dan SMP Mendapat Pelatihan Berpikir dengan Logika Komputasi

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Semarang Divisi Data dan Informasi, A Zaini mengatakan, selain melakukan pengecekan langsung ke lapangan, pihaknya juga melakukan sinkronisasi data pemilih dengan data penduduk di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Semarang.

“Data pemilih memang belum fix sepenuhnya. Apalagi diperbaikan tahap dua masih ada ribuan data pemilih yang masih ganda, Itu karena masalah di sistem. Jadi tugas kami menyempurnakan lagi,” ucapnya.

Dia menerangkan, KPU Kota Semarang mencatat ada 1.520 pemilih yang berada di luar negeri. Data tersebut juga perlu dilakukan pengecekan lapangan karena ada temuan pemilih tersebut sebenarnya di Kota Semarang.

AYO BACA : KPU Temanggung Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar