Yamaha Lexi

Bisnis Printing Diyakini Tak Tergerus Perkembangan Digital

  Kamis, 06 Desember 2018   Arie Widiarto
Kiri ke kanan: Pemilik Monokrom Printing Semarang Agus Riyanto, Chief of Business Operations PT Astra Graphia Tbk Eko Wahyudi Santoso dan pemilik Monokrom Printing Sebastian Pradipta menunjukkan hasil cetakan di sela-sela pembukaan kantor baru di Jl Citarum No 41 Semarang, Kamis (6/12/2018). (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)

SEMARANG TIMUR, AYOSEMARANG.COM--Meski digempur perkembangan teknologi digital, namun bisnis printing diprediksi tetap memiliki peluang pasar tersendiri. Pasar yang masih berpeluang untuk digarap ini antara lain sektor UMKM.

"Melihat dari perkembangan UMKM dan beberapa sektor lain di Semarang, kami optimistis bisnis printing masih akan terus berkembang, terutama di segmen kemasan (packaging)," ungkap Agus Riyanto, owner Monokrom Printing Semarang di sela-sela pembukaan kantor baru di Jl Citarum No 41 Semarang, Kamis (6/12/2018).

Hadir dalam acara tersebut Chief of Business Operations PT Astra Graphia Tbk, Eko Wahyudi Santoso, Graphic Communicaton Business Consultant PT Astra Graphia Tbk, Yohanes Puguh, dan Owner Monokrom Printing, Sebastian Pradipta.

Agus menyatakan bisnis kemasan menjadi menunjang bisnis-bisnis lain sehingga pasar yang dituju masih terbuka luas. Apalagi saat ini pemerintah juga sangat mendorong pertumbuhan UKM, yang banyak membutuhkan kemasan untuk bisnisnya. 

Berdasarkan laporan dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Semarang, saat ini tercatat jumlah UKM di Semarang mencapai lebih dari 14.000 dengan penambahan sekitar 2.000 UKM setiap tahunnya. 

"Karena itu, kami memutuskan untuk tidak tanggung-tanggung dalam berinvestasi pada bisnis ini. Pilihan kami jatuh pada mesin Fuji Xerox lridesse Production Press dari Astragraphia," tambahnya. 

Chief of Business Operations PT Astra Graphia Tbk, Eko Wahyudi Santoso menjelaskan pihaknya memiliki komitmen untuk menghadirkan inovasi-inovasi yang dapat mendukung terciptanya ekosistem bisnis yang dinamis.

"Salah satu mesin yang menjadi unggulan kami adalah Fuji Xerox Iridesse Production Press dengan fitur dan spesifikasi tinggi sehingga pelanggan tidak perlu ragu saat menuangkan desain yang mereka miliki dari versi digital untuk kemudian dicetak," tandasnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar