Yamaha Lexi

Dua Harimau Kebun Binatang Semarang Sempat Lepas dari Kandang

  Rabu, 05 Desember 2018   Arie Widiarto
Harimau koleksi Kebun Binatang (Bonbin) Mangkang, Semarang yang sempat lepas dari kandangnya, Rabu (5/12/2018).(Arie Widiarto/Ayosemarang.com)

TUGU, AYOSEMARANG.COM--Dua harimau koleksi Kebun Binatang (Bonbin) Mangkang, Semarang sempat lepas dari kandangnya. Penangkapan yang dilakukan tim gabungan pun berlangsung dramatis.

Peristiwa bermula ketika ada informasi 2 harimau Benggala jantan dan betina di Bonbin Semarang keluar dari kandang sekitar pukul 08.38 WIB.

"Sekitar jam 09.00 setelah kami sampai di Bonbin, telah siap personil Polsek Ngaliyan dan BonbinĀ  telah ditutup atau steril untuk pengunjung. Personil BKSDA, polsek dan Bonbin Mangkang berkoordinasi upaya penanganan satwa harimau yang lepas tersebut," kata Kepala BKSDA Jawa Tengah, Suharman, Rabu (5/12/2018).

AYO BACA : Boneka Salju Limbah Handuk Semarakan Nuansa Natal

Tidak berselang lama harimau jantan yang lepas sudah kembali ke kandang, namun si betina masih belum diketahui keberadaannya. Tim gabung terus mencari dengan membawa peralatan bius.

Harimau tersebut ternyata berada di gorong jembatan di komplek bonbin. Tim pun kemudian berusaha menutup jalan keluar harimau denganĀ  bekas pintu besi namun gagal karena harimau itu kabur sembari mengaum.

"Pada saat percobaan pertama berhasil ditutup kedua lubang gorong-gorong tersebut tetapi harimau berhasil menerjang keluar, diduga karena ram besi terlalu kecil," jelasnya.

AYO BACA : Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diimbau Waspada Bencana

Tim memilih bersabar dan ternyata harimau betina itu kembali ke gorong-gorong yang sama. Strategi yang sama pun dilakukan namun dengan pintu besi yang berbeda dan kali ini berhasil.

"Setelah berhasil menjebak harimau dengan menutup kembali 2 lubang gorong-gorong tersebut, drh. Hendrik membius satwa dengan tulup, 3 kali tembakan yang kena 2. Dan akhirnya setelah obat bius bekerja dan satwa tertidur selanjutnya ditandu dan dikembalikan ke kandang satwa," ujar Suharman.

Sementara itu Kabag Humas Polrestabes Semarang, Kompol Baihaqi mengatakan 7 anggota Polsek Ngaliyan dikerahkan. Tim gabungan berhasil mengembalikan harimau ke kandang setelah proses evakuasi selama 3 jam.

"Sejak pukil 09.00 sampai 12.00," kata Baihaqi.

AYO BACA : Atasi Genangan, Hendi Bangun Saluran Gendong di Jalan Protokol

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar